Sabtu, 14 November 2015

Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak Dengan Metode Yang Mudah

Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak Dengan Metode Yang Mudah

Anak adalah harta paling berharga di dunia ini,mempunyai anak dengan daya ingat yang ampuh memang dambaan setiap orang tua. Orang tua berusaha semaksimal mungkin agar anak kelak menjadi orang yang berguna bagi agama nusa dan bangsa. Nah agar tercipta generasi yang mempunyai daya ingat yang cling dan kuat,mungkin terasa sulit,tetapi apa salahnya jika kita mencoba melatih daya ingat anak saat masih unyu unyu. Adapun caranya adalah sebagai berikut :

Usia  Batita
1.  Ajak anak berkomunikasi, tanyakan berbagai hal sekadar untuk melatih ingatan akan kegiatan yang telah dilakukan. Contoh, di mana ia meletakkan kembali mainannya? Permainan apa saja yang ia lakukan bersama saudara sepupunya? Dengan siapa saja anak bermain?

2.  Bantu anak untuk mengorganisasi diri.  Umpama, dengan mengelompokkan benda-benda yang dimilikinya ke dalam kotak-kotak khusus agar memudahkannya menemukan kembali mainannya. Melalui kegiatan mengorganisasi ini Anda memberi rangsangan tepat untuk mengasah strategi pengolahan informasi yang anak peroleh ke dalam ingatan jangka panjangnya.

3. Gunakan flash card untuk mengenalkan sesuatu. Tunjukkan berulang-ulang sambil tanyakan kembali nama-nama yang ada pada gambar. Umpama, nama buah-buahan, nama-nama binatang dan lainnya.

4.  Bermainlah lempar gelang. Mintalah anak untuk membilang gelang yang dilemparkan. Namun untuk anak usia ini hitungan cukup sampai kelima atau kesepuluh.

5.  Ajari anak bermain pasel sederhana 3–5 keping. Biarkan anak mengamati terlebih dahulu bentuknya, kemudian lepaskan pasel dari rangka. Minta ia menyusun kembali pasel tersebut.

6.  Ajak si batita mengingat dongeng yang telah dibacakan. Misal, dengan menanyakan nama tokoh yang tadi diceritakan, atau lontarkan pertanyaan pendek dan sederhana tentang dongeng yang baru saja disampaikan. Tujuan semua itu  tentu untuk melatih daya ingatnya.

Cara diatas adalah untuk meningkatkan daya ingat anak anak saat masih dalam usia Batita,sedangkan untuk anak pada masa usia prasekolah adalah sebagai berikut :

Usia Prasekolah
1. Lontarkan pertanyaan terbuka setelah ia melakukan aktivitas tertentu. Contoh, di sekolah tadi ibu guru mengajarkan apa? Berapa banyak anak yang tidak masuk sekolah hari ini?

2.  Beberapa aktivitas untuk prasekolah yang terdapat di buku atau majalah dapat meningkatkan kemampuan memori anak.  Misal, mencari gambar yang tidak sama, mencari pasangan gambar yang sesuai (umpama pasta gigi dengan sikat gigi), dan lain-lain.

3.  Membuat jadwal aktivitas sehari-hari. Ini dapat meningkatkan daya ingat anak, karena ia jadi terlatih untuk mengingat aktivitas rutin yang akan dilakukan pada hari itu.

4. Menyanyikan lagu juga dapat meningkatkan kemampuan memorinya. Bukankah untuk bernyanyi ia harus mengingat syair lagunya?

Nah buat orang tua yang baik dan udiman,itu merupakan cara cara dalam meningkatkan daya ingat anak. Semakin kita latih,semakin kuat pula daya ingat si anak. Jangan pernah berhenti dalam memberikan pelatihan ke anak anak kita. Semoga cara cara dalam meningkatkan daya ingat anak di atas dapat memberi manfaat.

0 komentar

Posting Komentar